Jumat, 05 Februari 2010

HANDOUT – MK KOMUNIKASI POLITIK (Satuan Acara Perkuliahan)

HANDOUT – MK KOMUNIKASI POLITIK
(Satuan Acara Perkuliahan)

1. Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Komunikasi Politik
Kode/ Beban Kredit : HKK 214/ 3 SKS
SMT./ Th. Akademik : II/ 2008/2009
MK Prasyarat : ..………………..… (HKK 106)
Dosen Pembina : Drs. Mochtar W., M.A. (PJMK)
Imam Sofyan, M.Si.
Hari/ Jam Perkuliahan : Jumat/ Pkl. 13.00 – 15.00

2. Deskripsi Mata Kuliah
Faktor komunikasi berperan penting dalam menghubungkan unsur-unsur pembentuk sistem politik dengan berbagai dinamikanya. Komunikasi politik tersebut memberikan gambaran bahwa peristiwa politik dalam setiap prosesnya akan selalu terkait dengan sistem komunikasi, demikian pula kontribusi komunikasi dalam menciptakan berfungsinya sistem politik.
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengertian komunikasi politik, proses dan komponen sistem komunikasi politik, unsur-unsur komunikasi politik, pendekatan dan model komunikasi politik, komunikasi politik dalam sistem politik, praktik komunikasi politik dan perkembangannya, serta bidang kajian penelitian komunikasi politik.

3. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan, diharapkan peserta dapat :
a. Memahami pengertian dan menjelaskan hubungan antara komunikasi dengan politik, secara teoritis maupun praktis
b. Mengidentifikasi dan menjelaskan proses komunikasi politik beserta unsur-unsurnya
c. Memahami berbagai pendekatan dan model dalam mengkaji peristiwa komunikasi politik
d. Menjelaskan peran dan fungsi komunikasi politik dalam mendukung dan menciptakan bekerjanya sistem politik
e. Mengetahui perkembangan praktik komunikasi politik dalam sistem politik demokrasi modern
f. Menguraikan dan menganalisa realitas politik berdasarkan perspektif komunikasi

4. Strategi Perkuliahan
Perkuliahan akan dilakukan melalui kegiatan ceramah dan diskusi di kelas, penugasan individu dalam menganalisis fakta dan peristiwa politik ditinjau dari sudut pandang komunikasi atau proses komunikasi politik.

5. Syarat-syarat Perkuliahan
a. Lulus mata kuliah prasyarat
b. Mengikuti perkuliahan tatap muka minimal 75 % atau setara 12 kali kehadiran
c. Melaksanakan tugas terstruktur (Tugas akan ditentukan kemudian)
d. Mengikuti UTS dan UAS

6. Penjabaran Materi Bahasan

Ke Pokok Bahasan Materi & Sasaran Belajar Media/ Sarana Metode Referensi
1 Pengenalan materi dan kontrak belajar mengajar Menjelaskan gambaran umum perkuliahan dengan menjelaskan SAP dalam satu semester. Mengembangkan motivasi belajar peserta guna persiapan perkuliahan. Handout Ceramah;Brainstor-ming Handout (SAP)
2 Ruang lingkup komunikasi politik Membahas hubungan komunikasi dengan politik secara teoritis praktis.
Pengertian komunikasi politik, dan fokus kajiannya menurut perspektif ilmu komunikasi maupun politik. Ceramah; Diskusi Nasution (1990)
Alfian (1993)
Kaid (2004)
3 Proses dan komponen sistem komunikasi politik Membahas proses komunikasi politik.
Komponen-komponen yang berperan dalam proses komunikasi politik, yakni; media, masyarakat sebagai warga negara, dan berbagai organisasi politik (pemerintah, parpol, pressure groups, organisasi publik, kelompok teroris, dsb.) Ceramah; Diskusi Nasution (1990)
Mc Nair (1999)
Negrine (1996)



4 Unsur-unsur komunikasi politik (1): komunikator politik dan pesan (penggunaan bahasa) dalam politik Membahas tipologi dan karakteristik komunikator politik ditingkat individu maupun kolektif (politisi, profesional, dan aktifis).
Penggunaan bahasa dalam penyampaian pesan politik (semiotika, pragmatika, dan pembicaraan dalam politik).
Ceramah; Diskusi;
Mandiri Nasution (1990)
Nimmo (1989a)
Negrine (1996)

5 Unsur-unsur komunikasi politik (2): Media (saluran) dan khalayak komunikasi politik Membahas jenis dan karakteristik berbagai saluran komunikasi politik.
Mendiskusikan tingkatan khalayak (leadership, attentive dan general public), serta khalayak ideal komunikasi politik dalam negara yang demokratis. Ceramah; Diskusi;
Mandiri Nimmo (1989a)
Nimmo (1989b)
Nasution (1990)

6 Tes review
7 Unsur-unsur komunikasi politik (3): Efek dan tujuan komunikasi politik Membahas berbagai efek ataupun tujuan dari komunikasi politik, meliputi sosialisasai politik, partisipasi politik, pengaruhnya terhadap pemungutan suara dan pembuatan kebijakan.
Mendiskusikan pula tiga perspektif efek dari Mc Nair. Ceramah; Diskusi
Nimmo (1989b)
Mc Nair (1999)
8 Ujian Tengah Semester (UTS)
9 Pendekatan dan model dalam komunikasi politik Membahas pendekatan- pendekatan yang digunakan dalam mengkaji permasalahan komunikasi politik menurut berbagai tokoh. Ceramah; Diskusi Nimmo (1989a)
Mc Nair (1999)
Kaid (2004)
10 Komunikasi politik dan sistem politik Membahas keberagaman sistem politik, dan bagaimana pengaruhnya timbal balik antara sistem politik dengan komunikasi politik Ceramah; Diskusi Alfian (1993); Rauf (1993)
11 Politik, demokrasi dan media Membahas fungsi sosial dan peran media dalam penciptaan sistem politik demokrasi.
Bahasan akan menguraikan terlebih dahulu tujuan politik, falsafah demokrasi, dan keberadaan media (secara institusi dalam penciptaan masyarakat sipil maupun isi informasi dalam proses agenda setting opini publik). Ceramah; Diskusi;
Mandiri Mc Nair (1999)
Alfian (1990)
Suwardi (1993)
Craig (2004)
12 Praktek komunikasi politik Membahas berbagai praktek komunikasi politik, diantaranya; persuasi politik, propaganda, periklanan politik dan retorika untuk kepentingan politik.
Bahasan meliputi konsep, jenis, dan perkembangan tehniknya. Ceramah; Diskusi;
Mandiri Nasution (1990)
Nimmo (1989a)
Mc Nair (1999)
13 Marketing politik Mengenalkan konsep marketing politik, dan membahas berbagai komponennya mulai dari produk politik, cara promosi, biaya politik, positioning politik, dan segmentasi untuk tujuan politik.
Mendiskusikan pula tujuan dan teknik dari marketing politik, perbedaannya dengan kampanye politik. Ceramah; Diskusi Firmansyah (2007)
Nursal (2004)
Kershaw (1999)
Yaqoub (2005)
Newman (1999)
14 Public Relations Politik Membahas berbagai tehnik PR politik berkenaan dengan 4 kegiatan, yakni; manajemen media, image management, komunikasi internal, dan manajemen informasi. Ceramah; Diskusi Firmansyah (2007)
Yaqoub (2005)
Kershaw (1999)
Newman (1999)
Mc Nair (1999)
15 Bidang penelitian komunikasi politik Membahas bidang yang dapat dijadikan kajian penelitian komunikasi politik beserta metodenya. Ceramah; Diskusi;
Mandiri Kaid (2004)
Suwardi (1993)
Mulyana (2003)
dll.
16 Ujian Akhir Semester (UAS)

7. Evaluasi
Aspek yang dinilai adalah :
a. Kehadiran/ partisipasi dalam pertemuan tatap muka (10%)

Jumlah Ketidakhadiran
(Absen) Nilai Kehadiran
0 kali
1 kali
2 kali
3 kali
4 kali
5 kali 10 %
8 %
6 %
4 %
2 %
0 % (Tidak diperkenankan mengikuti UAS)

b. Tes review (10%)
c. Tugas terstruktur (20%)
d. Ujian Tengah Semester (25%)
e. Ujian Akhir Semester (35%)
(Nilai akhir merupakan hasil total dari evaluasi tersebut. Tidak ada tugas lain yang bersifat perbaikan, dan tidak ada tugas, tes, maupun ujian susulan)

8. Buku Referensi
Alfian. 1993. Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia
_____, 1990. Masalah dan Prospek Pembangunan Politik Indonesia. Jakarta: PT Gramedia
Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik. Jakarta: Balai Pustaka
Craig, Geoffrey. 2004. The Media, Politics and Public Life. New South Wales: Allen & Unwin
Firmanzah. 2007. Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Kershaw, Baz. 1999. The Politics of Performance: Between Brecht and Baudrillard. London: Routledge
Kaid, Lynda Lee (Ed.). 2004. Handbook of Political Communication Research. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers
Mc Nair, Brian. 1999. Introduction to Political Communication. Edisi kedua. London: Routledge
Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya
Nasution, Zulkarimein. 1990. Komunikasi Politik: Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia
Negrine, Ralph. 1996. The Communication of Politics. London: SAGE Publications Ltd.
Nimmo, Dan. 1989a. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media. Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
_____, 1989b. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman. Edisi kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Newman, Bruce I. 1999. The Mass Marketing of Politics: Democracy in an Age of Manufactured Images. California: SAGE Publications, Inc.
Nursal, Adman. 2004. Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatan Baru dalam Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Rauf, Maswadi. 1993. Indonesia dan Komunikasi Politik. Jakarta: Gramedia
Suwardi, Harsono, 1993. Peranan Pers dalam Politik di Indonesia: Suatu Studi Komunikasi Politik Terhadap Liputan Berita Kampanye Pemilu 1987. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Yaqoub, Amak Mohamad. 2005. Strategi Menjual Kandidat Pilkada: Perspektif Political Marketing melalui Image Management dan Analogi Strategi Militer. Usahawan No. 07 Th. XXXXIV Juli 2005
dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar