Jumat, 05 Februari 2010

SILABI RISET OPINI PUBLIK

Mata Kuliah : Riset Opini Publik
Bobot : 3 (dua) SKS
Jurusan : Ilmu Komunikasi
Deskripsi :
Termaktub
Tujuan :
1. Memberikan wawasan, pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang riset opini publik baik sebagai suatu ilmu, sistem maupun proses kegiatan.
2. Memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa agar dapat berpikir kritis, partisipasif dan responsif terhadap fenomena opini public dan mengkreasinya menjadi sebuah kegiatan riset opini public.
Pokok bahasan :
1. Pengertian Survei Opini Publik
2. Desain Survei
3. Sampling: Populasi, Kerangka Sampel dan Penarikan Sampel
4. Pendeteksian Sampling error dan jumlah sampel
5. Kuesione: Bentuk dan Format instrumen
6. Merumuskan insrumen penelitian (question wording)
7. Metode dan jenis dan prosedur wawancara
8. Membaca dan menafsirkan hasil survei
9. Menyajikan dan menulis data hasil survei
10. Manajemen dan organisasi hasil survei
11. Kode etik survey opini publik
12. Memasarkan survey opini publik
Referensi :
1. Eriyanto (1999), Metodologi Polling: Memberdayakan Suara Rakyat, Bandung: Remaja Rosdakarya
2. Lingkaran Survei Indonesia (2005) Panduan Wawancara Survei, Jakarta: LSI
3. AROPI (2007), Bagaimana merancang dan membuat survey opini public?, Jakarta:AROPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar