Senin, 08 Februari 2010

SILABI KAMPANYE KOMUNIKASI POLITIK

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan model kampanye komunikasi politik, berikut perkembangan tehniknya dalam kegiatan politik terkini. Bahasan meliputi perencanaan kampanye, penyusunan dan pengemasan isu kampanye, penggunaan media atau saluran dalam kampanye, publik sebagai sasaran kampanye. Mendiskusikan pula beberapa strategi kampanye, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan kampanye berikut evaluasi khalayak politik.

Tujuan Pembelajaran Umum
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep kampanye politik dengan berbagai teknik pelaksanaannya, dan mampu melakukan kegiatan kampanye politik.

Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat :
1. Memahami konsep kampanye politik.
2. Memahami dan mampu menjelaskan teknik-teknik kampanye politik.
3. Memahami dan menjelaskan penerapan manajemen dalam kampanye politik.
4. Memahami periklanan politik sebagai media kampanye modern.
5. Mampu menyusun perencanaan dan melakukan kegiatan kampanye politik.

Pokok Bahasan
1. Pengertian dan konsep kampanye politik
2. Jenis dan teknik kampanye
3. Terapan manajemen dalam kampanye politik
4. Pemilihan dan pengemasan isu
5. Segmentasi publik kampanye
6. Saluran/ media kampanye
7. Biaya kampanye
8. Evaluasi kampanye politik
9. Periklanan politik sebagai media kampanye
10. Kampanye politik dan demokrasi

Referensi
Asfar, Muhammad. 2006. Mendesain Managemen Pilkada. Surabaya: Pustaka Eureka
Iyengar, Shanto dan Jennifer A. McGrady. 2007. Media Politics: A Citizen’s Guide. New York: W.W. Norton & Company Inc.
J., Maarek P. 1995. Political Marketing and Communication. London: John Libbey & Co.
Firmanzah. 2007. Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Newman, Bruce I. 1999a. The Mass Marketing of Politics: Democracy in an Age of Manufactured Images. California: SAGE Publications, Inc
Nursal, Adman. 2004. Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatan Baru dalam Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar